Mempererat Tali Kebersamaan, Makmin Adakan Pentas Seni, Budaya, Pesta Rakyat Hut RI ke 77

Minahasa454 Dilihat

TONDANO – PILARPORTAL – Dalam peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 77 tahun 17 agustus 2022, Ormas Adat Makatana Minahasa (Makmin) Pakasaan Minahasa melaksanakan sejumlah kegiatan guna mempererat tali kebersamaan.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Sam Ratulangi Tondano Kecamatan Tondano Barat, Sabtu (20/08/2022) berupa pentas seni dan budaya, diskusi soal sejarah Minahasa dan perang Tondano, Bakti Sosial, pesta rakyat, pameran hasil UMKM serta konvoi kendaraan yang diikuti oleh semua anggota yang sudah hadir mewakili wanua dan pakasaan.

Menjadi tema yang dipilih,”Genggam erat tali kebersamaan” Seluruh anggota Makatana Minahasa juga memperingati Hut Republik Indonesia dalam pelaksanaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus tahun 2022.

“Untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota. Termasuk mengembangkan seni dan budaya serta mengangkat sejumlah pelaku UMKM di Minahasa,” kata Ketua Makatana Minahasa Pakasaan Minahasa Joel Sumampouw.

Sumampouw berharap ini dapat menjadi momentum bagi semua untuk semakin mempererat rasa kebersamaan, menumbuh kembangkan semangat gotong royong, kebersamaan bersama anggota Makmin Se-Sulut.

“Terpisah Ketua panitia, Ivan Serang Kegiatan ini yang pertamanya hanya Endo Masungkul (hari pertemuan seluruh anggota makatana minahasa se-sulut) berkembang menjadi event karena masi dalam suasana hari kemerdekaan indonesia tentunya event ini menambah warna dari ormas makatana minahasa yang berkompetensi di segala bidang dan tidak lupa Komisi Indonesia Skateboard sulut turut meramaikan event ini.

Untuk maksud tujuan event di gelar agar peran masyarakat adat Minahasa dalam berbangsa dan bertanah Air Indonesia salah satunya dengan mengadakan bakti sosial serta mendukung program memperdayakan sumber daya masyarakat, diantaranya berupa pengembangan UMKM dan pemberian baksos sebagai perwujudan toleransi bermasyarakat,”ucap Ivan Saerang sebagai ketua penyelenggara.

“Dikatakan Saerang, event ini bisa berlangsung karena terlibatnya tunjangan dari pemerintah kabupaten minahasa, KNPI minahasa, badan pengurus pusat (BPP) makatana minahasa Ar.entertainment & support dari brand/prodak lokal diantaranya bbold, stikers A, rid ltw, manna store, republic gamers, watzled, staycool, gil, odo eatery, GGwear, mixx, enjoy, as store, ultimate peace, lowbudget, Divisi Automotif makmin, Sub Divisi Minaesa Team makmin, Sub Divisi Minaesa Bikers makmin,” ujar Saerang.

Diketahui Kegiatan ini juga terlibat dari berbagai wanua dan pakasaan anggota Makatana Minahasa yang ada di Sulawesi utara.

Pada kesempatan tersebut juga Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Minahasa Siby Sengke. S.Sos MAP, mewakili Bupati hadir dan mengapresiasi atas kegiatan tersebut. Apalagi dilaksanakan oleh para generasi muda mengingatkan, nilai luhur lain perlu dipahami dan dipegang erat, selain Si Tou Timou Tumou Tou. Nilai luhur lain itu, antara lain maesa-esaan (saling bersatu dan menyatukan), matombol-tombolan (saling menopang), masigi-sigian (saling menghormati), masawang-sawangan (saling membantu), dan juga maupus-upusan (saling menyayangi). Sikap saling menghormati dan menghidupkan sesama dalam arti yang sangat sederhana harus menjadi perilaku masyarakat dan juga menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,”

Turut hadir Ketua Umum Makatana Minahasa Alvis Sumilat, Tonaas Rintoh Taroreh, Devisi-devisi Humas Makatana Minahasa, Mewakili Pemerintah Kadis Koperasi dan UMKM, Siby Sengke S Sos MAP, kadis Kebudayaan dan Pariwisata Drs. Steady Tumbelaka, Camat Tondano barat, Robert Ratulangi SPd, MM, Kasat Intelkam Polres Minahasa, AKP Destam Dumat. (DRO*/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *