145 Siswa Dilantik Menjadi Prajurit Tamtama TNI AD 

Manado, TNI943 Dilihat

MANADO – PILARPORTAL – Sejumlah 145 orang Prajurit Siswa Sekolah Calon Tamtama (Secata) Rindam XIII/Merdeka telah dilantik oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S.Sos menjadi Prajurit Tamtama TNI AD, bertempat di Lapangan Secata Rindam XIII/Merdeka Kota Bitung, Selasa (27/9/2022)

Acara penutupan (Dikmata) pendidikan pertama Tamtama tersebut diawali dari penanggalan tanda siswa, pemasangan pangkat, penerimaan ijazah dan piagam, oleh Kasdam XIII/Merdeka kepada perwakilan prajurit yang menjadi lulusan terbaik atas nama Prada Fatahillah.

Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdam XIII/Merdeka mengatakan bahwa selaku Pangdam XIII/Merdeka, ia sangat bersyukur serta bangga atas pencapaian seluruh mantan prajurit siswa Dikmata Secata Rindam XIII/Merdeka yang berhasil menyelesaikan pendidikan pertama Prajurit Angkatan Darat.

Tentunya pelantikan ini sangat berarti bagi seluruh prajurit yang dilantik pada tanggal 27 September tersebut tak terkecuali juga para keluarga tentunya sangat-sangat bersyukur atas dilantiknya anak, sepupu, saudara atau kerabat mereka menjadi seorang Prajurit TNI AD.

Namun Pangdam berpesan agar para prajurit Tamtama TNI AD tersebut untuk tidak melupakan jati diri mereka yaitu seorang prajurit TNI yang selalu berjuang bersama rakyat, tidak arogan disaat berada di tengah-tengah masyarakat serta selalu meningkatkan profesionalitas keprajuritan dengan senantiasa berlatih dan belajar.

“Ingat, mulai saat ini kalian adalah seorang prajurit TNI: seorang tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan harus menjadi tentara yang profesional.” Ucap Mayjen TNI Tuejeh dalam sambutannya.

Setelah menyelesaikan Pendidikan Pertama seluruh prajurit yang baru dilantik ini nantinya akan mengikuti pendidikan tahap ke dua, yakni pendidikan kejuruan, mulai dari kejuruan infanteri, kavaleri, artileri medan (Armed), artileri pertahanan udara (Arhanud), zeni, maupun kejuruan administrasi seperti Ajen, perhubungan, perbekalan angkutan, peralatan, kesehatan dan polisi militer.

Di akhir acara juga ditampilkan atraksi/demonstrasi oleh para pajurit-prajurit yang baru lulus dengan ketangkasan militer dasar, antara lain PBB (Peraturan Baris Berbaris), senam sparco dan kekuatan menarik kendaraan truk dengan beban 2,5 ton.

Turut hadir dalam prosesi pelantikan tersebut diantaranya Walikota Bitung Maurits Mantiri, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Endra Saputra, para Asisten Kasdam, Asrendam XIII/Merdeka, para Kabalakdam XIII/Merdeka, Dandim 1310/Bitung, serta para Dansatdik Rindam XIII/Merdeka. **/chriz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *