Terkait Penghijauan Gunung Tampusu, ini yang Disampaikan SBANL

Tomohon1911 Dilihat

TOMOHON – PILARPORTAL – Anggota Komite II DPD RI Ir. Stefanus BAN Liow, MAP bersama Pengurus dan Anggota Kelompok Tani Hutan Gunung Tampusu Kelurahan Pangolombian Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon serta Mahasiswa KKN Unima Tondano ikut serta Lurah Pangolombian Jootje Sarese, SH. melakukan kegiatan penghijauan/reboisasi Gunung Tampusu.

Senator Stefa, sapaan akrab Anggota DPD RI Dapil Sulut ini berbaur langsung dengan kelompok tani dan mahasiswa dengan melakukan penanaman bibit pohon seho, nantu, cempaka, pakoba dan buah-buahan sekitar 5.000 anakan yang diberikan Dinas Kehutanan Daerah Sulut dan BPDAS Tondano dan penanaman tersebut dilakukan secara mandiri pada Jumat (06/05/22) mulai Jam 08.00 Wita.

“Senator Stefa mengatakan, hutan berperan penting dalam menjalankan fungsi ekologi. Indonesia merupakan salah satu hutan tropis terluas di dunia, sehingga sektor kehutanan perlu dijaga dan dimaksimalkan bersama. Apalagi di Gunung Tampusu ada hewan yang mulai langkah yakni kuskus, kuseh, tarsius dan berbagai jenis burung,” kata Stefa.

Menjadi tugas bersama penyelenggara negara, seluruh komponen bangsa dan elemen masyarakat untuk melestarikan hutan, tanah dan air demi keseimbangan ekosistim lingkungan, ucap Senator Stefa

BACA JUGA  Liow Buka Lomba Berburu

Senator Stefa (SBANL) suami tercinta dari Ir. Miky J.L Wenur MAP, ini pernah menjadi Ketua Generasi Muda Pencinta Alam (Gemupa) Rumoong bawah Amurang Tahun 1986 dan Ketua Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) ITM, Tahun 1990-1992 menegasakan sektor kehutanan mempunyai keterkaitan yang erat dengan isu lingkungan.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Hutan Gunung Tampusu, Kelurahan Pangolombian Raymond Pogalin didampingi Wakil Ketua Feky Umboh dan Charles Kalensun, Sekretaris Demsy Kaunang dan Kordinator Mahasiswa KKN Unima Tondano Posko Kelurahan Pangolombisn Misel Lasut memberikan apresiasi kepada Senator Stefa atas motivasi yang bukan saja sekedar memberikan wawasan dan pemahaman pentingnya kelestarian hutan, tanah dan air, tetapi justru terjun langsung bersama melakukan penanaman bibit pohon kayu dan buah di gunung itu.

“Puji syukur karena penanaman pertama tahun 2021 bersama Senator Stefa (SBANL) dengan kelompok tani dan Pemuda GMIM Jemaat Nafiri Pangolombian pada umumnya bertumbuh,” ungkap Raymond.

Sementara Wakil Ketua I yang didampingi Sekretaris kelompok Feky Umboh juga Demsy Kaunang serta Komandan Panji Yosua P/KB GMIM Jemaat Nafiri Pangolombian Noldy Sampuk menambahkan lanjutan penanaman tersebut bersama pemuda diagendakan bulan Agustus 2022 bersamaan dengan momentum perayaan kemerdekaan RI. (DRO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *