Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Pimpin Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Manado, TNI455 Dilihat

MANADO – PILAR PORTAL – Kegiatan upacara Peringati HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus dilaksanakan secara serentak di berbagai wilayah seluruh Indonesia. Upacara ini diwajibkan bagi seluruh Lembaga Pemerintah, baik di Istana Kepresidenan, Instansi, perusahaan, termasuk TNI-Polri dan sekolah-sekolah.

Ini salah satu bentuk momentum untuk meneguhkan semangat berbangsa dan bernegara dalam memperingati HUT ke-77 kemerdekaan RI.

Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI merupakan salah satu kegiatan penting dalam setiap tahun sekali, dimana seluruh rakyat Indonesia telah memperingati kemerdekaan tersebut, terlihat di setiap rumah-rumah terpasang bendera merah putih dan umbul-umbul. Pada kesempatan ini Kodam XIII/Merdeka menggelar upacara yang dilaksanakan di Makodam, Rabu (17-8-2022)

Dalam kegiatan upacara bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI, E. J. Lumintang S.I.P dan diikuti seluruh personel Kodam XIII/Merdeka baik dari Asisten, Kabalakdam XIII/Merdeka, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS.

Dengan mengangkat tema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” Upacara HUT RI ke-77 ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk menghargai atas perjuangan para pahlawan terhadap bangsa.

Melalui upacara ini kita dapat meningkatkan semangat kebangsaan, cinta tanah air, patriotisme, semangat dan nilai-nilai kepahlawanan dalam membangkitkan peran kita untuk berjiwa nasionalis.

Dalam rangkaian upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022 dimulai dengan Penghormatan pasukan kepada Irup, Laporan Komandan Upacara, Pengibaran Bendera Merah Putih, Mengheningkan cipta, Tanda kebesaran buka, Pembacaan teks Proklamasi oleh Irup, Tanda kebesaran tutup, Pembacaan UUD 1945, Pembacaan doa, Andhika Bhayangkari dan di tutup dengan laporan akhir Komandan upacara.

Tak hanya itu, upacara HUT RI ke-77 tahun ini, juga dilaksanakan secara Virtual oleh Kepala Daerah/Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) secara terpusat, serta dilaksanakan upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di sore hari. **/chriz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *