Hasil Survey, Warga Manado Tunjukan Kepuasan Kepemimpinan 1 Tahun AARS

Manado508 Dilihat

MANADO, PILARPORTAL – Plus Minds Consulting, sebuah lembaga konsultan yang bergerak di bidang kebijakan publik, komunikasi politik, digital marketing, dan urban planning. Baru-baru ini,merilis hasil survei terbaru terkait tingkat kepuasan publik terhadap 1 tahun kinerja Walikota dan Wakil Walikota Manado.

Dalam rilis survei terbaru yang dipaparkan Dr. Melki Kumaat, S.Sos, M.Si, selaku Research Strategist dari Plus Minds Consulting, mengatakan tingkat kepuasan terhadap kinerja Walikota dan Wakil Walikota Manado dalam 1 tahun kepemimpinan mencapai 75,1 persen.

Rinciannya, 14,9 persen publik merasa sangat puas dan 60,2 persen publik cukup puas. Sedangkan untuk publik yang merasa kurang puas terhadap kinerja Walikota – Wakil Walikota Manado ada 21,5 persen, sementara 2,4 persen tidak puas, dan tidak tahu/tidak menjawab 1,0 persen.

Populasi survei adalah seluruh warga kota Manado yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Secara metodologi, survei Plus Minds Consulting menggunakan metode Multistage Stage Random Sampling. Jumlah sampel 400 responden. Toleransi kesalahan (margin of error) sekitar kurang lebih 5% pada tingkat kepercayaan 95%. Pengumpulan data dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner oleh pewawancara yang telah dilatih.

BACA JUGA  DPD PDI Perjuangan Sulut Gelar Baksos dan Santuni Kaum Dhuafa Jelang Idul Fitri

Riset yang dilakukan oleh Plus Minds Consulting tidak terhenti pada survei saja, tetapi dilakukan juga riset kualitatif dan analisis media dalam bentuk Media Monitoring, sebagai tindak lanjut dari temuan survei yang ada.

“Dari hasil survei yang ada, selanjutnya kami melakukan riset kualitatif dengan tradisi studi kasus. Hal ini berguna untuk mengetahui secara mendalam terkait apa yang ditemukan dalam survei. Termasuk juga melakukan Media Monitoring,” ungkap Astrid Kumentas, Political Marketing Strategist dari Plus Minds Consulting.

Dari riset kualitatif dengan tradisi studi kasus, maka ditemukan sebuah model terbentuknya persepsi publik terhadap kinerja Walikota dan Wakil Walikota Manado selang 1 tahun kepemimpinan.

Tingginya tingkat kepuasan berdasarkan persepsi publik terhadap kinerja AARS, sangat dipengaruhi oleh persepsi stimulus dan persepsi individual pada diri publik.(Mid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *