Kapal Perang Bawa Ekspedisi Layanan Kas Bank Indonesia Ke Pulau 3T Provinsi Sulut

Berita, Bitung, Manado, TNI242 Dilihat

MANADOPILARPORTAL — Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Ajak-653, membawa ekspedisi layanan kas Bank Indonesia. Upacara pelepasan Ekspedisi layanan kas Bank Indonesia tersebut, berlangsung di Dermaga Samuel Langunyu Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal VIII Bitung, dihadiri PgS Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, mewakili Danlantamal VIII Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka. Sabtu (16/7).

Danlantamal VIII Manado dalam amanat tertulis, yang dibacakan PgS Wadan Lantamal VIII menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut merupakan kerjasama TNI AL khususnya Lantamal VIII dan Bank Indonesia sebagai layanan kas di kepulauan Terdepan, Terluar dan Terpencil (3T) dengan mengambil tema “Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022”.

Danlantamal VIII mengatakan latar belakang kerjasama ini, merupakan kolaborasi antara tugas menjaga kedaulatan di Pulau terdepan, di daerah perbatasan dan tugas menjamin tersedianya uang Rupiah dalam jumlah yang cukup, di Pulau daerah perbatasan.

Selain itu, Danlantamal VIII menyampaikan melalui kegiatan tersebut dapat menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat, terhadap rupiah sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat di kepulauan 3T, bahwa rupiah merupakan mata uang resmi NKRI dan sebagai alat transaksi resmi di wilayah NKRI, sehingga harus dijaga dan digunakan dengan baik.

BACA JUGA  Danlantamal VIII Pimpin Merplug Sebagai Bentuk Penghormatan Kepada KRI GNR-332

 

Kegiatan kas keliling 3T di wilayah provinsi Sulut menggunakan KRI Ajak-653, akan menempuh rute Manado, Pulau Rakinis, Pulau Karatung, Pulau Marampit, Pulau Miangas, Pulau Marore, Pulau Kalama dan diperkirakan tiba di Manado, kembali pada tanggal 22 Juli 2022, dengan total jarak tempuh mencapai 728 NM.

Mengakhiri amanatnya, Danlantamal VIII memberikan penekanan kepada Komandan dan seluruh prajurit KRI Ajak-653, diantaranya untuk menjalin komunikasi yang baik dengan personil Bank Indonesia, yang on board di atas kapal, melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, selalu update berita cuaca dan perhatikan keamanan bernavigasi serta mengutamakan Zero accident keselamatan personel dan material.

‌Turut hadir Kepala BKD Sulut, Kepala BI Sulut, Konjen Filipina di Manado, Perwakilan Pejabat Forkompinda Provinsi Sulut dan Kota Bitung, Paban II Sopsal Mabesal, Para Pejabat Utama Lantamal VIII, Kakuwil Lantamal VIII, Dansatrol Lantamal VIII dan Kepala Satuan Kerja Lantamal VIII Wilayah Bitung.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *